Penyebab dan Pencegahan Anemia

Anemia atau orang awam lebih mengenal penyakit ini sebagai gejala kurang darah, yang gejalanya adalah sering sakit kepala, pusing, mata berkunang-kunang, penurunan nafsu makan, dan tubuh cepat merasa lelah. Jika mengalami gejala tersebut, jangan dianggap enteng, mengingat pengaruh penyakit anemia pada kesehatan sangat besar, bahkan bisa mengakibatkan kematian. Anemia terjadi karena kurangnya zat besi dalam tubuh yang menyebabkan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah kurang normal. Padahal tubuh kita membutuhkan nutrisi dalam jumlah yang banyak, salah satunya adalah zat besi.

Bila zat besi dalam tubuh tidak sesuai kebutuhan, maka akan terjadi anemia. Kurangnya zat besi dalam tubuh bisa terjadi karena berbagai sebab. Pada bayi, kemungkinan disebabkan oleh prematuritas, atau bayi yang terlahir dari seorang ibu yang menderita kekurangan zat besi. Pada anak-anak, bisa disebabkan oleh asupan makanan yang kurang mengandung zat besi. Sedangakan pada orang dewasa kekurangan zat besi disebabkan oleh perdarahan menahun atau berulang-ulang, yang berasal dari semua bagian tubuh. Sering lupa makan, kurang tidur, dan terlalu capek, juga merupakan sebagai penyebab anemia. Kondisi ini bisa bertambah parah bila asupan makanan tidak memenuhi gizi yang cukup.

Hemoglobin terdapat dalam sel darah merah dan bertugas membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh. Berkurangnya hemoglobin di dalam darah akan mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen. Gejalaanya adalah badan menjadi lemah, letih, lesu, lelah, dan lunglai. Wajah tampak pucat, mata berkunang-kunang, berkurangnya nafsu makan. Akibatnya produktivitas menurun, vitalitas kebugaran tubuh menurun, rentan terhadap penyakit, dapat mengakibatkan kelahiran pada bayi dengan berat badan rendah atau bahkan prematur, serta memperbesar resiko kematian.

Anemia memiliki banyak jenis dan beberapa diantara tidak dapat dicegah. Namun anemia masih bisa dicegah dan diatasi dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin, zat besi dan sumber makanan yang dapat membantu memberikan stamina dan semakin memperbesar produksi sel darah merah yang sehat.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mencegah anemia, diantaranya adalah :

1. Zat besi

Zat besi merupakan sumber atau unsur senyawa alami yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai media penghasil dan pembentuk sel darah merah yang sehat. Sumber zat besi ini mudah sekali didapat seperti pada daging sapi, ikan, buah dan sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

2. Asam folat

Asam folat merupakan rangkaian atau komponen dari asam enssensial sebagai pelengkap dari kebutuhan gizi tubuh. Asam folat sangat dibutuhkan terutama untuk ibu hamil, bayi dan anak-anak, hal ini dilatar belakangi sebagai alasan asam folat mencegah kerusakan otak pada anak. Asam folat mudah di dapat dari jus jeruk, buah-buahan seperti pisang, sayuran hijau tua, kacang polong, roti sereal dan pasta.

3. Penuhi kebutuhan vitamin B12 yang banyak terdapat pada daging dan susu

4. Vitamin C. Vitamin C sangat baik bagi tubuh untuk membantu penyerapan zat besi dalam metabolisme tubuh, tubuh yang kekurangan vitamin C akan terlihat kering dan dapat memicu penurunan produksi sel darah merah. Vitamin banyak terdpat pada jenis buah-buahan yang berkulit orange dan merah seperti jeruk, buah beri, pepaya, apel, mangga dll.

Sebagai tambahan jika dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter ahli gizi, biasanya seseorang yang terserang anemia akan diberikan beberapa jenis suplemen sebagai penunjang dari kebutuhan tubuh akan zat besi. Dokter juga akan menyarankan untuk memenuhi kebutuhan zat besi secara seimbang, karena apabila tubuh kekurangan atau kelebihan zat besi akan membahayakan tubuh dan produksi sel darah yang sehat menjadi tidak seimbang.


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Anemia and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>