Penyebab Anemia Pada Perempuan

Penyebab Anemia Pada Perempuan – Ada beberapa penyebab anemia yang terjadi pada wanita yang sering terjadi. Penyebab tersebut bisa berakibat fatal bagi wanita yang sedang mengalaminya jika tidak dilakukan penanganan secepat mungkin. Ada berbagai macam jenis penyakit anemia pada wanita tergantung kondisi pada wanita tersebut.

Namun dalam hal ini anemia memiliki sifat yang relatif, tetapi penyebab anemia menjadi point utama yang dimana awal terjadinya penyakit anemia itu sendiri. Mengenai hal diatas tersebut dapat dikatakan sebagai penyebab utama penyakit anemia. penyakit anemia merupakan penyakit yang dapat diatasi dengan mudah namun hanya saja penyakit anemia ini sangat rentan dan dapat dengan tiba-tiba datang. Untuk itu mengetahui penyebab anemia ini sangat dianjurkan.

Penyebab Anemia Pada Wanita

Penyebab Anemia Pada Perempuan

Penyebab Anemia Pada Perempuan

Penyakit anemia sangat sering terjadi pada wanita dan intensitanya jauh lebih besar, apalagi dengan mereka yang melakukan pekerjaan yang ekstra , dengan begitu penyebab anemia dapat timbul dengan cepat seiring dengan kondisi tubuh yang tidak benar-benar fit.

Ada beberapa penyebab anemia pada perempuan itu dapat terjadi, antara lain :

  • Pada umumnya penyakit anemia banyak dialami oleh kebanyakan wanita yang mengalami kurangnya zat besi, semua ini terjadi karena wanita lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung nabati dibanding dengan mengkonsumsi makanan dari protein hewani. Padahal dengan seimbang mengkonsumsi makanan nabati dan hewani dapat mengurangi adanya penyebab anemia.
  • Kekurangan zat besi merupakan faktor penyebab anemia pada wanita terjadi, dan faktor penyebab utama penyakit anemia yaitu kurangnya zat besi. Dan yang harus wanita tahu bahwa zat besi merupakan unsur gizi yang akan dapat membantu komponen Hb atau sel darah merah.
  • Wanita biasanya lebih memperhatikan penampilan fisik dari pada proses kesehatan jasmani. Kebanyakan wanita lebih memilih diet untuk mendapatkan tubuh yang ideal akan tetapi banyak wanita yang lupa bahwa memberikan kebutuhan hewani untuk zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan sel darah merah. Diet tersebut bisa menjadi penyebab anemia.
  • Biasanya wanita akan jarang mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan untuk metabolisme darah serta penyebab anemia akan terjadi pada saat haid setiap bulan yang tidak diimabngi dengan asupan makanan yang mengandung zat besi untuk sel darah merah.

Hal tersebut diatas adalah pengetahuan yang sangat penting dan bermanfaat bagi wanita untuk lebih mengetahui apa yang di maksud dengan anemia. mengapa wanita harus tahu tentang penyakit anemia? karena penyakit anemia sangat rentan terjadi pada wanita, terutama wanita pada masa subur. Tidak hanya wanita pada masa subur, penyakit anemia juga dapat terjadi pada wanita yang masih belia. Namun tak banyak yang memahami dengan penyebab anemia, sebab mereka hanya berpendapat bahwa pada usia yang masih belia belum tentu dapat mengalami hal tersebut.

Jenis dan Penyebab Anemia

Iron Deficiency anemia

Iron Deficiency anemia adalah kekurangan zat besi di dalam tubuh. Sumsum tulang sangat membutuhkan zat besi untuk membuat Hb. Dengan jumlah zat besi yang tidak mencukupi, tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin yang cukup untuk sel darah merah.

Vitamin Deficiency Anemia

Zat besi merupakan tambahan untuk tubuh, namun tubuh juga membutuhkan folat dan vitamin B12 untuk dapat menghasilkan sel darah merah yang cukup. Asupan makanan yang mengandung zat yang rendah dan asupan nutrisi penting lainnya dapat menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah. Vitamin B12 yang berfungsi sebagai tambahan tidak dapat dengan mudah diserap bagi sebagian orang.

Anemia Asplastik

Anemia Asplastik disebabkan oleh berkurangnya atau hilangnya sel darah merah dari dalam tubuh. penyakit anemia jenis ini dapat terjadi karena cedera tertentu atau kecelakaan sehingga darah yang membentuk jaringan di dalam sumsum tulang sudah hancur. Oleh sebab itu, penderita anemia jenis ini akan mengalami kesulitan melawan infeksi dan akan mudah mengalami pendarahan.

Gejala anemia  dan tanda-tanda anemia jenis ini yaitu badan akan lesu, wajah pucat, warna atau bercak keunguan atau kemerahan pada kulit, yang disebabkan pendarahan di bawah kulit, Pendarahan, jantung berdetak lebih cepat, terjadinya infeksi, penyakit gagal jantung kongesif, jantung tidak dapat memompa darah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Cara Mengatasi Anemia Pada Perempuan

  1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung zat besi yang cukup seperti dengan mengkonsumsi sayur-sayuran hijau yitu kacang kedelai, bayam, hati dan makanan lain yang mengandung zat besi.
  2. Sebaiknya anda mulai menghindari anggapan bahwa makanan yang mengandung zat besi dapat mempercepat proses penggemukan badan.
  3. Selalu menjaga kondisi tubuh dan selalu konsumsi vitamin penambah darah
  4. Pola hidup yang sehat dan olahraga secara teratur.
  5. Sebisa mungkin hindari aktivitas yang menguras tenaga secara berlebih, karena hal tersebut dapat menimbulkan kelelahan pada tubuh.

Sebenarnya penyakit anemia pada wanita ini dapat diatasi dengan mudah apabila kita khususnya kaum wanita dapat menerapkan cara diatas dalam rutinitas setiap hari.

 


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Anemia and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.