Penyebab Anemia Kurang Darah

Penyebab Anemia Kurang DarahKurang darah atau anemia gangguan kesehatan yang bisa terjadi oleh siapa pun. karena kondisi ini disebabkan oleh penurunan jumlah hemoglobin atau sel darah merah di dalam tubuh. jika kadar hemoglobin terlalu rendah dan dibawah rata rata akan menyebabkan gangguan kesehatan tubuh. sebab tubuh memiliki standar kadar hemoglobin yang harus normal dan stabil jika tidak ingin mengalami anemia kurang darah. 12 sampai 17 gm/dl adalah angka normal jumlah hemoglobin.

Tetapi jika hemoglobin rendah yang tandanya sel darah merah hanya sedikit maka organ tubuh bisa kekurangan oksigen maupun nutrisi, karena sel darah memang pembawa nutrisi dan juga pembawa oksigen. Jadi apabila kadar sel darah hanya sedikit maka akan menyebabkan penurunan fungsi beberapa organ tubuh karena kekurangan oksigen dan juga juga nutrisi. Penderita anemia kurang darah bisa terjadi pada semua orang, bukan hanya orang dewasa saja tetapi pada semua kalangan usia bisa mengalami anemia kurang darah juga.

Penyebab Anemia Kurang Darah

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab anemia kurang darah. ada penyebab kurang darah yang ringan dan juga ada yang mengalami kurang darah kronis. Anemia kurang darah yang kronis biasanya akan dialami jangka lama, jadi perlu hati hati. Dibawah ini beberapa penyebab anemia kurang darah dan juga pemicunya, seperti berikut :

  • Anemia aplastik, penyebab anemia kurang darah ialah anemia aplastik yang merupakan kelainan pada tubuh. kelainan yang terjadi pada tubuh akibat sum sum tulang belakang tidak berfungsi dengan normal. jika terjadi infeksi pada sum sum tulang belakang bisa menyebabkan anemia kurang darah. selain itu bisa juga karena imun tubuh yang menyerang sum sum tulang belakang sehingga produksi sel darah merah hanya sedikit maka dari itu bisa menurunkan kadar sel darah merah di dalam tubuh.
  • Sel darah sabit, penyebab anemia kurang darah juga masih dikarenakan kelainan yang terjadi pada tubuh. tetapi kelainan bukan lagi terjadi pada sum sum tulang belakang tetapi pada sel darahnya sendiri. Sel darah sabit kelainan yang terjadi pada bentuk sel darah yang harusnya seperti koin tetapi berbentuk sabit. Sel darah sabit tidak bisa berfungsi dengan baik karena mengumpal dan juga lebih mudah pecah.
  • Talasemia, penyebab anemia kurang darah juga terjadi karena kelainan pada sel darah, tetapi bukan bukan bentuknya lagi. bentuk sel darah tetap normal tetapi lebih mudah pecah apabila mengalami penyakit talasemia. Kondisi ini banyaknya terjadi sejak kecil karena disebabkan oleh faktor genetik yang juga menderita talasemia.
  • Pola makan tidak teratur, penyebab anemia kurang darah yang selanjutnya adalah pola makan yang tidak teratur dan jenis anemianya adalah anemia malanutrisi. Disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur menyebabkan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh pun juga hanya sedikit, sedangkan nutrisi dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah. Maka dari itu akan menyebabkan anemia kurang darah.
  • Hamil, penyebab anemia kurang darah bisa juga dikarenakan kehamilan. Wanita yang hamil kebutuhan zat besinya meningkat. oleh karena itu apabila tidak mengkonsumsi vitamin penambah darah akan membahayakan ibu dan sang janin di dalam rahim akibat anemia kurang darah.
  • Pendarahan, penyebab anemia kurang darah bisa dikarenakan mengalami pendarahan. Disebabkan oleh kecelakaan yang menyebabkan banyak darah terbuang karena ada luka yang besar. semakin banyak darah yang dikeluarkan bisa semakin sedikit jumlah hb di dalam tubuh karena pengeluaran dan produksi sel darah tidak akan terjadi bersamaan.
  • Efek samping obat, penyebab anemia kurang darah bisa dikarenakan efek samping menggunakan obat kimia. ada jenis obat kimia yang menimbulkan reaksi berupa penurunan fungsi tubuh atau organ pencernaan untuk menyerap makanan dengan baik, oleh karena itu akan menyebabkan sel darah merah dihasilkan hanya sedikit maka dari itu mengalami anemia kurang darah.
  • Cacingan, penyebab anemia kurang darah cacingan. Karena ada cacing di dalam organ pencernaan bisa memakan semua nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. karena itu tidak ada bahan dasar pembentuk sel darah merah yang menyebabkan anemia.

Jika mengalami anemia kurang darah bisa diketahui dengan adanya tanda tanda anemia kurang darah yang akan muncul secara perlahan lahan. Gejala atau tanda yang akan dirasakan seperti kulit yang akan terlihat pucat, dan badan terasa dingin ketika disentuh. Kepala terasa ringan dan pusing ketika mengalami anemia kurang darah serta badan yang akan terasa lebih lemas dari pada biasanya, jadi akan mudah lelah.

Penderita anemia kurang darah pun juga bisa mengalami sesak napas dan juga sakit dada ketika sedang kambuh. untuk itu anemia kurang darah tidak bisa dianggap remeh karena jika sudah terjadi akan terganggu. Tetapi masih bisa diatasi dengan menggunakan obat kimia atau pun dengan makanan penambah darah yang jika di konsumsi akan meningkatkan sel darah secara alami. Makanan yang mengandung vitamin a, b kompleks, b12, vitamin c, asam amino, zat besi bisa di konsumsi ketika sedang anemia. (By:RM)

Penyebab Anemia Kurang Darah


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Anemia and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *