Faktor Penyebab Anemia Pada Remaja

Faktor Penyebab Anemia Pada Remaja – Anemia merupakan salah satu jenis penyakit atau gangguan kesehatan tubuh yang bisa dialami oleh siapapun karena di sebabkan sel darah merah di dalam tubuh hanya sedikit jumlahnya. Kadar sel darah merah yang berkurang akan mempengaruhi jumlah hemoglobin yang di hasilkan juga maka dari itu akan menyebabkan bagian tubuh mengalami masalah kesehatan juga. karena peran dari hemoglobin untuk memberikan tubuh oksigen serta nutrisi dengan mengedarkannya melalui aliran darah. Penyakit anemia tidak jarang terjadi karena hal itu bisa dialami oleh siapa saja. Penyakit anemia bisa dialami oleh semua kalangan usia, tetapi lebih banyak dialami oleh orang dewasa karena pola hidup atau pun masalah pada kesehatan tubuhnya. Terjadinya anemia tidak baik jika terlalu lama, karena akan menyebabkan tubuh akan kekurangan asupan nutrisi dan juga oksigen. Maka dari hal itu anemia tidak baik untuk kesehatan tubuh jika terjadi dalam jangka panjang. Akibat kurangnya nutrisi dan oksigen maka bagian organ tubuh akan mengalami penurunan fungsi juga.

anemia

Anemia bisa dialami dengan ditandai oleh gejala atau gangguan kesehatan yang ringan, seperti pusing kepala dan juga tubuh yang akan terasa lebih lemas dapat dialami pada saat kekurangan sel darah merah. Berkurangnya sel darah merah akan menyebabkan tubuh akan lebih pucat dan juga suhu tubuh akan menurun juga sehingga akan dingin pada saat menyentuh kulit. gejala anemia akan menyebabkan penurunan nafsu makan juga oleh penderitanya dan hal ini akan menyebabkan bagian tubuh lebih lemas. Sesak nafas juga bisa terjadi pada saat tubuh mengalami anemia, karena kebutuhan dari oksigen pada paru paru tidak cukup maka dari itu akan menyebabkan sesak nafas pada gejalanya. Penyakit anemia juga menyebabkan kondisi kesehatan akan menurun, seperti daya tahan tubuh yang akan menurun memicu terjadinya infeksi di dalam tubuh lebih sering. Tidak hanya akan menyebabkan daya tahan tubuh akan menurun saja, tetapi rambut yang rontok akibat terlalu rapuh dan kurang nutrisi juga bisa dialami ketika memiliki penyakit anemia yang parah.

Faktor Penyebab Anemia Pada Remaja 

Anemia akan menyebabkan pembengkakan pada lidah dan akan terasa menyakitkan juga ketika di gunakan. dan detak jantung akan tidak terkendali karena jantung akan selalu berusaha untuk memompa darah dengan baik. oleh karena hal itu sebaik nya melakukan pemeriksaan kesehatan atau pun mengatasi nya dengan meningkatkan kadar sel darah merah di dalam tubuh. dan ada faktor penyebab anemia pada remaja yang harus di jauhi agar tidak akan semakin memperburuk kondisi atau pun agar tidak mengalami anemia jika memiliki kondisi tubuh yang sehat. Faktor penyebab anemia pada remaja yang bisa terjadi seperti di bawah ini :

  • Kurang nutrisi

Yang bisa menjadi faktor penyebab anemia pada remaja salah satunya akibat kurang zat besi atau kurang nutrisi. Karena penghasil sel darah merah dari nutrisi zat besi, maka dari itu jika kurang asupan makanan yang di butuhkan untuk menghasilkan sel darah merah akan menjadi faktor penyebab anemia pada remaja. Kurang asupan nutrisi sering dialami oleh banyak orang, karena kurang memperhatikan asupan makanan dengan baik maka dari makanan yang masuk ke dalam tubuh jumlahnya yang kurang akan menyebabkan anemia atau kurang darah. Oleh sebab itu agar bisa meningkatkan sel darah merah lagi sebaiknya memperbaiki asupan makanan sehat yang bisa meningkatkan sel darah merah untuk tubuh agar anemia tidak berlangsung lama.

  • Pendarahan

Faktor penyebab anemia pada remaja yang terjadi sesaat bisa karena mengalami pendarahan. Pendarahan merupakan keadaan tubuh yang memiliki luka atau mengeluarkan banyak darah. Banyaknya darah yang dikeluarkan tubuh akan menyebabkan pendarahan karena sel darah merah yang banyak dikeluarkan oleh sebab itu akan menyebabkan anemia juga, pendarahan bisa dialami karena kecelakaan yang menimbulkan luka terbuka, menstruasi atau mimisan yang keadaannya parah sehingga lebih banyak darah merah yang keluar dari tubuh sehingga mengakibatkan tubuh menjadi lemas bahkan bisa menyebabkan kesadaran diri akan hilang juga jika sangat parah kecelakaan yang menyebabkan darah keluar banyak.

  • Cacingan

Cacing yang masuk ke dalam tubuh akan membuat tubuh kehilangan banyak nutrisi, karena nutrisi akan di makan oleh cacing cacing di dalam tubuh. dampak nya jika terjadi sesaat tidak akan terlalu berpengaruh namun jika cacing jumlahnya banyak dan bertahan lama di dalam tubuh maka efek yang bisa dialami salah satunya menjadi faktor penyebab anemia pada remaja, karena cacing bisa memakan zat besi yang ada di dalam tubuh juga karena itu sel darah merah hanya sedikit di produksi pada saat mengalami cacingan.

  • Efek samping obat

Faktor penyebab anemia pada remaja juga bisa dialami karena di sebabkan oleh penggunaan obat obatan kimia yang di konsumsi. Obat bisa menjadi faktor penyebab anemia pada remaja karena di sebabkan oleh pengaruh obat yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan penyerapan makanan atau nutrisi zat besi terhambat. Sehingga walaupun zat besi masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang cukup tetapi tubuh tidak dapat menyerapnya dengan baik maka akan menyebabkan anemia atau kurang darah juga karena sel darah merah yang hanya sedikit jumlahnya.

Faktor Penyebab Anemia Pada Remaja


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Anemia. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *