Ciri-Ciri Orang yang Terkena Penyakit Anemia

Ciri-Ciri Orang yang Terkena Penyakit Anemia  – Penyebab anemia adalah jenis penyakit yang umum terjadi pada setiap orang. Kebayakan orang tidak menyadari gejala-gejala dan penyebab anemia, karena gejala anemia dianggap akan mudah teratasi dan akan hilang dengan sendiri. Akan tetapi jika gejala tersebut dibiarkan maka akan mengakibatkan hal yang fatal bagi kesehatan tubuh bahkan dapat menyebabkan kematian.

ciri-ciri orang terkena anemia

Namun masyarakat yang tidak mengerti dunia kedokteran akan menganggap anemia sebagai kurang darah. Penyebab anemia sangatlah berbeda dengan penyebab darah rendah. Mengenai hipotensi adalah tekanan darah yang rendah yang dimana kemampuan otot jantungnya kurang memompa jantung ke seluruh tubuh sehingga dapat menyebabkan kurangnya aliran darah ke jaringan yang harusnya dipendarahi.

Berikut Beberapa Ciri-Ciri Orang yang Terkena Penyakit Anemia

ciri-ciri orang terkena anemia

  1. Tanda utama seseorang mengalami anemia adalah dengan kulit pucat dan kuning pucat yang sangat tidak biasa pada umumnya. Apabila warna kulit anda berubah menjadi kuning atau wajar terlihat sangat pucat, maka anda harus berhati-hati karena hal tersebut bisa jadi anda terkena penyakit anemia.
  2. Lingkaran di bawah mata ialah salah satu tanda bahwa anda mengalami stress. Kurangnya sel darah merah atau kekeurangan hemoglobin dapat menyebabkan tekanan besar yang terjadi pada sistem tubuh dan gejalan anemia itu sendiri sering muncul mulai dari kulit dan mata. Selain dengan lingkaran di bawah mata, mata akan cenderung lebih cekung dan pada bagian bawah mata akan terlihat warna merah agak keputihan dan merupakan tanda dari penyakit anemia.
  3. Tubuh terasa lesu merupakan penurunan oksigen darah satu titik bisa menyebabkan seorang atletik lari dapat kehilangan 30-45 detik dalam waktu perlombaan. Hal tersebut juga dapat anda alami, karena setiap anda merasakan lesu dan kurangnya motivasi untuk melakukan sesuatu hal juga dapat menyebabkan anda terkena anemia. Apabila badan anda sudah lesu maka untuk berdiripun akan sulit atau duduk terlalu lama.
  4. Nyeri di mulut merupakan kekurangan zat besi yang dapat mengarah pada gejala anemia sering memberi tanda ke tubuh dalam mencari zat besi dan bisa saja menjadi penyabab anemia. Dan nyeri di mulut pada umumnya menjadi salah satu gejala anemia yang berhubungan dengan kekurangan zat besi. Oleh karena itu anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Seperti bayam, brokoli dan jenis sayuran lainnya yang mengandung zat besi.
  5. Air seni akan mengalami perubahan warna ketika anda buang air kecil dan warna air seni tersebut tak sama seperti air seni biasanya. Dengan tanda seperti itu maka segeralah anda konsultasi ke dokter. Dan pastikan anda akan melakukan tes darah, untuk memastikan apakah anda terkana anemia atau tidak. penyakit anemia sendiri dapat dicegah namun tergantung dari penyebabnya. Namun, hal yang paling mudah untuk anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti makanan sereal, daging merah, kuning telur, sayuran yang berwarna hijau, suyuran kuning dan buah-buahan.

sel darah merah – ciri-ciri orang terkena anemia

Adapun tanda-tanda umum penyakit anemia :

  • Selaput merah mata (conjunctiva) terlihat lebih pucat
  • Telapak tangan terkihat putih
  • Bibir akan terlihat lebih pucat, tidak terlihat kemerahan
  • Muka terlihat pucat pasi
  • Kuku tangan dan kuku kaki terlihat sangat pucat / putih
  • Mudah lelah
  • Sering terasa pusing
  • Telinga sering terasa berdengung
  • Merasakan sesak nafas saat melakukan aktivitas
  • Penurunan masalah haid serta bilido
  • Elastisitas kulit akan menurun

Penyakit Anemia Dan Penyebab Anemia :

  1. Anemia Defisiensi besi adalah anemia yang disebabkan oleh kekurangan gizi atau malnutrisi. Anemia kekurangan zat besi disebabkan karena kekurangan asupan zat besi seperti perdarahan pada saat haid atau setelah melahirkan. Anemia jenis ini yang paling umum terjadi sekitar 62 persen dari semua jenis anemia. Kandungan zat besi sangat berperan penting bagi tubuh, karena setiap tubuh manusia sangat membutuhkan zat besi seperti pada bayi, anak-anak, wanita yang sedang hamil, wanita yang sedang haid, dan umumnya terjadi pada setiap orang.
  2. Anemia megaloblastik disebabkan oleh kekurangan asupan vitamin B12 dan kekurangan asam folat, pada anemia jenis ini terjadi sekitar 29%.
  3. Anemia hipoplastik disebabkan karena terjadinya penurunan fungsi sumsum tulang yang membentuk sel-sel darah merah baru. Anemia jenis ini sangat jarang ditemukan pada keseluruhan anemia karena hanya terjadi sekitar 8%.
  4. Anemia hemolitik, dan anemia jenis ini sangat jarang sekali terjadi dengan jumlah hanya sekitar 0.7% kasusnya. Anemia hemolitik disebabkan oleh penghancuran atau pemecahan sel darah merah (hemoglobin) yang lebih cepat dari pembuatannya.

Namun yang terpenting adalah, bahwa anemia tidak boleh anda sepelekan karena dengan membiarkan gejala anemia tersebut dapat membahayakan kesehatan anda. termasuk juga pada ibu hamil yang bisa maningkatkan resiko pendarahan pada saat persalinan. Apabila terjadi pada anak-anak resikonya adalah kecerdasan anak akan berkurang.

Untuk itu segara lakukan penanganan yang cepat ketika mulai terlihat gejala-gejala anemia, agar tidak terjadi hal buruk pada diri anda.


=====================================

>>> K-Link Liquid Chlorophyll Untuk Anemia, Membantu Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah, Menjaga Kadar Hemoglobin Tetap Normal, Meningkatkan Stamina dan Energi Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Anemia and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *